RSS

ESDM Bengkulu Terbitkan 100 Izin Eksplorasi Tambang

27 Feb

Metrotvnews.com, Bengkulu: Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bengkulu telah menerbitkan 100 izin eksplorasi pertambangan di daerah itu, terutama tambang batu bara.

“Ada 100 izin eksplorasi atau penelitian yang didominasi tambang batu bara karena potensinya yang paling besar,” kata Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu Karyamin di Bengkulu, Senin (27/2).

Ia mengatakan potensi batu bara terbesar terdapat di beberapa kabupaten dan kota terutama Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Seluma, Lebong dan Kabupaten Mukomuko. Potensi terbesar, terdapat di Kabupaten Bengkulu Utara yang mencapai 300 juta ton.

“Berdasarkan peta potensi cadangan dan data singkapan yang diterbitkan tahun 1998 oleh direktorat geologi, potensi cadangan terbesar di Bengkulu Utara,” tambahnya.

Sementara di Kabupaten Bengkulu Tengah terdapat potensi 60 juta ton, Mukomuko 10 juta ton, Seluma 30 juta ton dan Lebong 3 juta ton. Saat ini, kata dia, terdapat 15 perusahaan tambang yang berproduksi dengan penjualan mencapai 3,2 juta ton pada 2011.

Produksi terbesar dihasilkan PT Bukit Sunur dan Danau Mas Hitam yang mencapai rata-rata 20.000 ton per bulan. “Tahun ini ditargetkan meningkat menjadi 3,5 juta ton pengapalan, karena tergantung pada kondisi alur pelabuhan,” tambahnya.

Terkait potensi tambang yang terdapat di dalam hutan produksi atau hutan lindung, menurutnya, harus mendapat izin dari Kementerian Kehutanan. Termasuk proses penelitian atau eksplorasi tersebut, harus mendapat izin dari Menhut.

“Seperti kasus eksplorasi di kawasan hutan produksi PLG Seblat beberapa waktu lalu yang ditangkap polisi hutan karena tidak ada izin dari Kementerian Kehutanan,” katanya.(Ant/BEY)

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 27, 2012 in Berita Tambang Dalam Negeri

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: