RSS

Masyarakat Kolaka Minta Dilibatkan Dalam Pengelolaan Tambang

25 Feb

REPUBLIKA.CO.ID, KOLAKA — PT Ceria Nugraha Indotama (Cerindo) ditetapkan sebagai pemenang lelang wilayah pertambangan di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra). Terkait akan hal tesebut, Panitia khusus (Pansus) DPRD Pertambangan Blok Lapapao akan memanggil pimpinan PT Ceria Nugraha Indotama (Cerindo) pada Sabtu (25/2) mendatang.

Ketua Pansus Tambang DPRD, Taufik, mengatakan dasarnya masyarakat menerima kehadiran PT Cerindo, namun ada persyaratan yang diminta oleh masyarakat untuk dipenuhi.

“Masyarakat disana hanya mau berkomunikasi langsung dengan pihak PT Cerindo untuk mendengarkan seperti apa konsep pertambangan serta pemberdayaan masyarakat sekitar,” kata Taufik, Jumat (24/2).

Taufik juga menjelaskan hasil kunjungan lapangan yang dilakukan oleh Pansus, di Wolo beberapa masyarakat yang kontra dengan kehadiran PT Cerindo sebenarnya mendukung adanya investor yang akan melakukan penambangan disana.

“Bahkan mereka memberikan konsep kepada pansus untuk dipelajari tentang kesejahteraan masyarakat yang nantinya pihak PT Cerindo melaksanakan konsep itu,” jelasnya.

Seperti yang disampaikan tokoh masyarakat Wolo, Ustadz Kasim dan Kepala Desa Ponre yang tidak mempermasalahkan kehadiran PT Cerindo untuk menambang di wilayah itu karena CSR sebesar Rp2 miliar yang akan diberikan kepada enam desa untuk dikelola sendiri sebagai pemerataan kesejahteraan masyarakat penerima dampak.

“Kami tidak tolak PT Cerindo, tapi kami minta dilibatkan dalam pembuatan konsep di blok Lapapao dan kami minta kesepakatan dengan desa-desa itu direvisi karena tidak mewakili aspirasi masyarakat keseluruhan,” katanya.

Senada dengan Ihwan, perwakilan masyarakat lainnya, Herman, Anhar dan Tamir, pada dasarnya menerima keberadaan PT Cerindo sebagai pemenang tender untuk mengolah Blok Lapapao.

“Asalkan syarat yang diajukan masyarakat dipenuhi dan jangan ada aktivitas sebelum ada kesepakatan dengan masyarakat,” kata Anhar.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 25, 2012 in Berita Tambang Dalam Negeri

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: