RSS

Kadin Keberatan Ekspor Biji Tambang Diatur Pemerintah

26 Feb

JAKARTA–MICOM: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai bahwa kinerja untuk ekspor di sektor pertambangan pada tahun 2012 akan sulit dicapai seiring dengan ditetapkannya Peraturan Menteri ESDM Nomor 7 Tahun 2012.

“(Peraturan Menteri ESDM) ini artinya ekspor barang setengah jadi beberapa hasil tambang kita tidak bisa diekspor dan hal ini bisa mengganggu target ekspor yang sudah ditetapkan pemerintah,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan, Distribusi dan Logistik Natsir Mansyur, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu (26/2).

Peraturan Menteri ESDM No 7 Tahun 2012 adalah tentang peningkatan nilai tambah mineral melalui kegiatan pengolahan dan pemurnian mineral.

Pasal 21 dalam Permen ESDM itu menyebutkan bahwa pemegang IUP (izin usaha pertambangan) operasi produksi dan IPR (izin pertambangan rakyat) yang diterbitkan sebelum berlakunya Permen itu dilarang untuk menjual bijih (raw material atau ore) mineral ke luar negeri dalam jangka waktu paling lambat tiga bulan sejak berlakunya Permen tersebut.

“Indonesia bisa kehilangan potensial lost 20 persen dari target yang sudah ditetapkan sekitar US$46 miliar,” kata Natsir.

Ia mengemukakan, Kadin sangat menyayangkan hal tersebut sehingga Kadin mengharapkan pemerintah melakukan koordinasi antara Kementerian Perdagangan, Kementerian ESDM, dan Kementerian Keuangan.

Koordinasi tersebut, lanjutnya, adalah guna mempertahankan target yang telah ditetapkan agar kinerja ekspor nasional tetap baik seperti tahun 2011 yang mencapai US$203,62 miliar.

Pada prinsipnya, ujar dia, Kadin mendukung peningkatan nilai tambah mineral melalui kegiatan pengolahan dan pemurnian mineral sehingga hilirisasi minerba di Indonesia bisa segera terealisasi.(Ant/X-12)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 26, 2012 in Berita Tambang Dalam Negeri

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: