RSS

Tambang Emas di Namlea Ditutup

26 Feb

1330225776726241280

Sejak hari Kamis (23/2) ribuan pemburu emas di Negeri Wamsait, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru, Maluku yang berasal dari luar daerah mulai meningalkan Pulau Buru melalui pelabuhan Namlea. Kepulangan ribuan penambang ke daerah asalnya masing-masing seperti ke Pulau Jawa, Makassar, Sumatera, Kalimantan, Ternate dan Manado, menyusul langkah Bupati Buru Ramly Umasugi, S.Pi. MM yang menutup areal tambang emas di Dusun Wamsait untuk umum.

Meskipun banyak yang telah meninggalkan Buru, namun ribuan penambang lainnya masih juga memilih bertahan di Buru dengan harapan bupati mau membuka kembali lokasi tambang tersebut. Sebagai catatan jumlah penambang emas yang berada di Pulau Buru sejak bulan Nopember lalu mencapai 17.000 orang.

Saat ini, Bupati Buru bersama tokoh adat dan tokoh masyarakat sedang mencari investor untuk datang mengolah tambang emas itu dengan tujuan utamanya adalah mensejahterakan masyarakat Buru.

Menurut Bupati Buru Ramly Umasugi, S.Pi. MM langkah penutupan lokasi penambangan ini guna menstabilkan harga kebutuhan bahan pokok di Buru karena sejak adanya penambangan itu, seluruh harga kebutuhan pokok di Buru molanjak tajam, hal ini dikarenakan kebanyakan para petani telah beralih profesi sebagai penambang emas.

Untuk mengamankan keputusan bupati tersebut, saat ini aparat kepolisian sedang melakukan siaga di lokasi penambangan, guna mencegah masyarakat untuk datang melakukan aktifitas di lokasi ini.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Februari 26, 2012 in Berita Tambang Dalam Negeri

 

One response to “Tambang Emas di Namlea Ditutup

  1. danrhama

    Februari 9, 2013 at 9:34 am

    bapak2 pejabat daerah, Aparat, para bos2 PT emas nasional n internasional yang super2 kaya raya… biarkan para gurandil mengambil sedikit kebaikan alam untuk kelangsungan hidupnya. tak perlu dikejar2 atau dipentung bahkan di kerangkeng seperti binatang… toh berdirinya PT emas nasional n internasional tidak juga mensejahterakan msyarakat. mungkin para pekerja PT emas nasional n internasional pun entah dari mana2 pekerjanya… coba bayangkan dengan adanya penambangan emas rakyat RATUSAN RIBU TENAGA KERJA terserap dan itu hajat hidup orang banyak rakyat kita. yuk sama sama kita adil untuk semua. semua mencari penghidupan… ATURLAH SEBAIK MUNGKIN… toh emas dalam gunung itu bukan milik si A, si B, itu milik TUHAN – kalau disebut milik indonesia, sejak kapan bumi ini berkata “hai indonesia emas ini ku wariskan untuk mu” emas itu sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu, carilah, ambilah, manfaatkanlah, berbagilah sama dan jangan bertengkar.. kelak engkau akan menemukan kehancuran jika mana engkau berkelahi – gelar “LIAR” dibelakang kata penambang itu sebutan yang sangat tidak manusiawi. berikan penyuluhan ke semua penambang rakyat tentang pembuangan limbah yang memenuhi standar dan reklamasi lingkungan. itu tugas pemerintah. GABUNG DI IKATAN PENAMBANG EMAS RAKYAT INDONESIA ditautaun ini http://www.facebook.com/groups/402207763206844/

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: