RSS

Polandia Lirik Bisnis Tambang Batu Bara di Indonesia

27 Feb

JAKARTA–MICOM: Pertemuan bisnis antara sejumlah pengusaha Indonesia-Polandia di Jakarta, Senin (27/2), membahas kerja sama di bidang energi.

“Ini merupakan momen yang tepat untuk mengembangkan kerja sama antara kedua negara,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Polandia Darmansjah Djumala.

Pertemuan bisnis itu, kata Dubes Darmansjah, digelar untuk ketiga kalinya, setelah pertemuan pada Mei dan September tahun lalu yang menghasilkan Letter of Intern (LOI) yang diwujudkan dalam pertemuan bisnis ini.

“Pertemuan ini merupakan pengejewantahan instruksi Presiden untuk diplomasi bidang ekonomi,” tambah dia.

Dia mengatakan penerapannya tidak sekadar dalam dokumen tapi bagaimana mewujudkan isi dokumen itu ke dalam hal yang konkrit.

“Polandia dipilih karena merupakan negara Uni Eropa, tapi belum ikut Euro Zone, juga Polandia pelopor ekonomi terbuka dan tidak terkena dampak krisis ekonomi Eropa yang terjadi saat ini,” kata dia.

Darmansjah mengatakan karena lesunya perekonomian di Eropa, pengusaha Polandia membidik pasar Asia. “Pengusaha Polandia melirik berbagai sektor seperti energi dan manajemen limbah yang bagus untuk diterapkan di kota-kota besar,” ujar dia.

Para pengusaha itu, kata Dubes, akan berinvestasi untuk membuat pabrik alat-alat untuk pertambangan dan perusahaan tambang di beberapa lokasi batu bara.

Tahun lalu, kata Dubes, pengusaha asal Polandia sudah setuju berinvestasi di Sumatera Selatan dan membidik Kalimantan.

“Polandia merupakan negara penghasil energi listrik di Eropa. Para pengusaha juga melirik bidang ini mengingat pesatnya pertumbuhan di Indonesia,” tambah dia.

Nilai perdagangan Indonesia-Polandia mencapai US$600 juta pada 2011 dengan surplus bagi Indonesia mencapai US$500 juta. Beberapa komoditas perdagangan kedua negara adalah tekstil, elektronik, kopi, teh, farmasi, dan sepatu. (Ant/OL-9)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 27, 2012 in Berita Tambang Dalam Negeri

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: