RSS

Menperin: Posco Minati Investasi Tambang

29 Feb

Saat ini tengah melakukan studi kelayakan.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, grup bisnis asal Korea Selatan (Korsel) Pohang Iron and Steel Company (Posco) berminat masuk ke sektor pertambangan di Indonesia.

Saat ini, Posco tengah melakukan studi kelayakan.

“Grup Posco mau masuk ke industri pengolahan nikel. Di Indonesia Timur. Sekarang lagi FS (feasibility study). Belum tahu berapa rencana modal investasi dan kapasitasnya. Juga, apakah bermitra dengan lokal atau tidak,” kata di Jakarta, hari ini.

Dirjen Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto menambahkan, Indonesia memiliki cadangan nikel berlimpah. Sejumlah investor, kata dia, sudah merealisasikan investasi di sektor hilir pengolahan nikel.

“Diantaranya, ada proyek Antam, proyek investor asal Perancis di Halmahera, dan oleh Tiongkok di Sulawesi Tenggara,” kata Panggah.

Dia memaparkan, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) telah melakukan pemancangan tiang pertama pembangunan pabrik ferronikel berkapasitas 27 ribu ton per tahun di Halmahera, Maluku Utara.

Antam melakukan FS untuk membangun pabrik nikel pig iron berkapasitas 120 ribu ton per tahun di Mandiodo, Sulawesi Tenggara. Sementara itu, PT Weda Bay Nikel asal Perancis melakukan FS untuk rencana membangun pabrik nikel hidroksida di Halmahera.

Sementara itu, melalui Peraturan Menteri ESDM No 7/2012 tentang Peningkatan Nilai Tambah Mineral Melalui Kegiatan Pengolahan dan Pemurnian Mineral, pemerintah mewajibkan pembangunan smelter untuk hilirisasi tambang di dalam negeri.

Hilirisasi industri berbasis barang tambang bisa dilakukan secara individual atau kerja sama dengan perusahaan tambang lain.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 29, 2012 in Berita Tambang Dalam Negeri

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: